Fuuuiiiiiih…..semester 5 ini sungguh sangat melelahkan. Tiap hari berkutat dengan yang namanya RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Hampir setiap dosen makul memberikan tugas bikin RPP. Tentunya kita ngga cuma sekedar bikin RPP, ada kelanjutannya. SIMULASI. Yap kalo RPPnya udah beres dilanjut simulasi ngajar. Dan itu bukanlah hal yang gampang, masalahnya yang kita adepin tuh anak2 SD yang pikirannya sekaliber mahasiswa (ya iya lah, kan yang jadi muridnya sama2 mahasiswa,hehe) yang kadang sengaja ngeledekin kita, ngajaki becanda, nyemlong2 ga nggenah, banyak nanya tapi ngga nyambung, dan seabrek keusilan lainnya.
Nah berkat beberapa kali melakukan simulasi (atau cuma sekedar menonton simulasi) saya akan ngasih sedikit tips
ngajar. Bukannya mau “keminter” alias sok pinter tapi tips2 ini secara langsung saya dapet dari dosen2 saya yang punya banyak pengalaman mengajar dan pengalamannya ngga diragukan lagi kebenarannya. Kata dosen saya “Ini tidak saya dapat dari membaca buku tapi dari pengalaman saya dulu mengajar di SD”. Saya hanya ingin berbagi aja sekalian buat semacam catatan ataupun pengingat bagi saya. Tips yang saya tulis di sini lebih menekankan pada keterampilan mengajarnya (di luar penguasaan materi, penggunaan media, dll). Tips yang mau saya berikan sebenarnya merupakan hal yang sepele alias kecil tapi wajib kita perhatikan. Jadi bagi teman2 yang baru mau mengajar (cagur, baru jadi guru,etc), khususnya di SD, here it is….
ngajar. Bukannya mau “keminter” alias sok pinter tapi tips2 ini secara langsung saya dapet dari dosen2 saya yang punya banyak pengalaman mengajar dan pengalamannya ngga diragukan lagi kebenarannya. Kata dosen saya “Ini tidak saya dapat dari membaca buku tapi dari pengalaman saya dulu mengajar di SD”. Saya hanya ingin berbagi aja sekalian buat semacam catatan ataupun pengingat bagi saya. Tips yang saya tulis di sini lebih menekankan pada keterampilan mengajarnya (di luar penguasaan materi, penggunaan media, dll). Tips yang mau saya berikan sebenarnya merupakan hal yang sepele alias kecil tapi wajib kita perhatikan. Jadi bagi teman2 yang baru mau mengajar (cagur, baru jadi guru,etc), khususnya di SD, here it is….
Pertama, sebelum memulai mengajar pastikan papan tulis bersih. Saya yakin sebagian besar SD masih menggunakan papan tulis sebagai media mengajar. Kenapa mesti bersih??? Well, kalo menurut saya sih biar fresh aja. Biar matanya ga sepet ngliat papan tulis penuh tulisan. Coba bayangkan, tempatkan diri kita sebagai murid, pastinya akan merasa sumpek manakala akan mulai mengikuti pelajaran ternyata papan tulisnya penuh dengan coretan. Selain mengganggu mata, juga mengganggu konsentrasi. Bisa saja siswa malah lebih tertarik ngliatin coretan2 di papan tulis yang ngga ada kaitannya sama pelajaran. Papan tuIis yang bersih juga menandakan kita akan mempelajari hal yang baru.
Setelah papan tulis bersih jangan lupa sempatkan menulis hari dan tanggal di papan tulis. Kata dosen saya, guru2 di SD kalo mau ngajar pasti nyempet2in nulis tanggal di papan tulis (percaya???harus percaya,hehe). Dosen saya belum menjelaskan kenapa tapi kalo menurut saya tujuan guru menuliskan hari dan tanggal di papan tulis tuh buat ngasih contoh ke muridnya. Yah mengingat guru sebagai seseorang yang digugu (dipatuhi, dipercaya) dan ditiru maka sudah pasti tindakannya akan ditiru oleh muridnya. Nah harapan guru, dengan menuliskan hari dan tanggal di papan tulis yaa biar muridnya juga ikut2an nulis hari dan tanggal tapi di buku tulis mereka masing2 (buku catatan). Awalnya ikut2an, trus jadi kebiasaan, lama2 mendarah daging. Bisa dikatakan secara tidak langsung guru mengajarkan murid untuk mencatat pelajaran deng an rapi.
Tips berikutnya, jangan pernah memulai pelajaran manakala murid masih ribut sendiri. Kondisikan dulu kelas yang akan kita ampu tersebut. Terutama di jam2 yang rawan atau agak susah untuk dikondisikan such as jam habis istirahat, jam habis olah raga, ataupun jam pelajaran terakhir. Tentunya bakalan percuma saja kalau kita sudah dengan semangat ’45 mengajarkan ini dan itu, menjelaskan A sampai Z tapi murid malah asik : ngobrol sama temen, makan jajan, rebutan mainan, dll.
Lanjuuuut………..wokeh berikutnya mengenai perhatian guru. Guru harus memusatkan perhatian kepada seluruh siswa. Usahakan saat ngajar menatap seluruh siswa (tentunya secara bergantian). Sesekali sapukan pandangan kita ke seluruh ruangan. Ini penting, soalnya dengan begitu semua siswa merasa diperhatikan. Nah posisi berdiri juga perlu diperhatikan. Akan lebih baik kalo kita berdiri di tengah2. Jangan njomplang *Jawa*. Berdiri di sebelah kiri terus ataupun di sebelah kanan teruuus. Itu yang namanya jomplang.
Berikutnya, jangan sekalipun berbicara dengan membelakangi (memunggungi) siswa. Kadang guru tidak sadar melakukannya. Contohnya pas lagi nulis di papan tulis. Sambil nulis (posisi memunggungi siswa) eh tetep nyerocos ngasih penjelasan. Jangan rakus dong. Kalo mau nulis ya diselesein dulu nulisnya baru deh ngomong. Kalo dua2nya sekaligus nanti perhatian siswa malah terpecah. Bingung, mau ndengerin omongannya guru apa mau ngeliat apa yang ditulis guru. Ini masih bisa ditolerir kalo antara tulisan sama omongannya sinkron alias sama. Lha kalo yang ditulis ABCDE tapi yang diomongin 12345, gemana coba?? muridnya jadi puyeeeng kan???
Nah kalo ini adalah pengalaman pertama ngajar tentunya kita bakalan ngrasa grogi, panas dingin, keringetan, badan menggigil, pusing, bersin-bersin, dan hidung tersumbat (nah hloo???). I mean nerveous,hehe. Nah, hindari melakukan hal2 aneh untuk menutupi kegrogian misalnya saja, saya kalo lagi agak grogi suka menggosok2 pipi bagian samping. Contoh lainnya menggaruk2 rambut meski ngga gatel, menggosok hidung, nyeruduk muridnya ( lha ini grogi apa banteng ngamuk, aghihihi), memainkan pena, gigit kuku, dll. Don’t do all of that in front of your pupils. You got it???? Bisa-bisa kita diketawain sama murid sendiri. Hilang sudah wibawa kita.
Segini dulu tips dan trik yang bisa saya bagi. Semoga bermanfaat. To be continued………………..
baguuuuus,,,,,, baguuuuuus,,,,
BalasHapusi like it....